Strategi Efektif Tingkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini
Oleh:
Kerjasama Crew “Bisnis EKA BKJ” dengan MI Modern SAKTI Tulungagung


Kecakapan Hidup Anak Usia Dini – Mengajarkan pendidikan agama maupun keterampilan kepada Anak sangatlah penting. Anak usia dini memiliki imitasi yang kuat. Apa yang Ia lihat dan dengarkan akan ditiru. Pemberian contoh yang baik kepada buah hati sangatlah penting dalam mendidiknya. Agar Anak mampu memiliki panutan dalam bertindak. Pasalnya, mengajari Anak tidak cukup hanya memerintah. Bila orang tua memberi perintah tetapi tidak bertindak, membuat Si Kecil pun enggan melakukan. Nah, pembiasaan sangatlah perlu dalam membentuk anak memiliki kepribadian mulia agar terasah bakatnya.
Bila Anak dibiasakan dengan norma positif sejak kecil, akan tumbuh dengan kecakapan hidup yang bagus. Selain itu, membimbingnya pun perlu metode yang membuat nyaman. Kedua orang tua jangan  memaksakan kehendaknya.  Anak jika cara mendidiknya salah, hasilnya pun salah. Ayah dan Ibu perlu sama-sama mengasuh Anak secara demokrasi. Pola asuh demokrasi menjadikan Anak tumbuh lebih ideal dan mampu berfikir. Sedangkan anak yang diajari dengan cara otoriter tumbuh dengan rasa ketakutan, minder, atau bahkan menjadi pemberontak. Oleh karena itu, orang tua perlu tahu apa yang disenangi Anak. Membina nilai akhlak kepada Anak dengan cara yang menyenangkan. Mengikuti dan melakukan pendampingan kepada Anak tentang kegemarannya. Agar mampu menggali potensinya secara maksimal. Pendidik seperti inilah yang sangat direkomendasikan oleh para Ahli dan Psikolog.
Selain pola asuh di rumah yang harus tepat dalam membina. Pengajaran di sekolah pun perlu adanya sinergi pola pendidikan yang efektif dan efisien. Mengutamakan nilai moral, spiritual, dan penggalian talenta Anak. Caranya dengan memberikan suritauladan yang baik dan menggali potensi secara menyenangkan. Berbicara mengenai sekolah yang memiliki strategi efektif dalam meningkatkan kecakapan hidup anak usia dini secara kreatif, MI Modern SAKTI Tulungagung telah membuktikannya.
Sebagaimana dipaparkan dalam Radar Tulungagung senin 12 november 2017 dengan berita berjudul “Gelar RCC Untuk Latih Kecakapan Hidup”, MI ini melakukan kegiatan penanaman keagamaan dan keterampilan melalui strategi outbound. RCC, nama kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan kemarin. Memiliki kepanjangan “Ramadhan Children Camp”. Kegiatan dilaksanakan di MI Modern SAKTI, Jln P Sudirman VIII/100 Kepatihan Tulungagung.
Lembaga Pendidikan Islam yang dipimpin oleh Sri Saktiani sebagai Direktur,tercatat 120 Peserta dengan 48 Pembimbing, dan Eni Eka Sari sebagai Ketua Pelaksana. Kegiatan tahunan ini dilakukan dengan memberikan materi membaca doa, sholat, dan wudhu. Terdapat pula kegiatan outbound seperti memasang tenda, jarring laba-laba, flaying fox, titian tali langit, batan birma, dan lintas kolam lumpur. Outbound seperti ini sangat bermanfaat bagi Siswa. Anak akan mengambil maknanya. Mengajari untuk mandiri, bekerjasama, pantang menyerah, keterampilan motorik, kepemimpinan, dan sebagainya.
Saat pemberian materi dalam acara ini dilakukan di tenda. Bertujuan agar Anak tumbuh menjadi orang simpati dan empati kepada pihak yang terkena korban bencana. Pasalnya, korban bencana sering diidentikkan mengungsi ke sebuah tenda.  Pembiasaan ini  yang diharapkan dapat memaksimalkan kecakapan hidup anak usia dini,




Komentar

Postingan populer dari blog ini