Sosok Seorang Kepala Sekolah Kreatif Nan Berdedikasi
Oleh:
Kerjasama Crew “Bisnis EKA BKJ” dengan “MI Modern SAKTI Tulungagung”


Sosok Seorang Kepala Madrasah – Sebuah kelompok tentu memerlukan seorang yang ada di depan. Berada bagian paling awal dalam rangka memberikan sebuah arahan dan suritauladan. Dialah seorang Leader. Pemimpin memang sangat diperukan dalam segala perkumpulan. Baik sekumpulan kecil hingga yang besar membutuhkan sosoknya. Adanya seorang Kepala dalam sebuah tim membuat tujuan bersama lebih terarah dan mempercepa terwujudnya sebuah visi maupun misi yang dibangun.
Meski Pemimpin sangatlah penting keberadaannya, bukan berarti kita asal memilih. Kesalahan dalam mendapatkan seorang panutan akan membawa kelompoknya kepada sebuah jurang. Dedangkalan pun akan dirasakan, bahkan terjatuh semakin mengenaskan. Maka perlu berhati-hati dalam mengambil langkah. Sebaliknya bila kita mendapatkan seorang Ketua yang ideal, tentu akan membawa kelompok tersebut menjadi lebih maju dan sejahtera. Kita mampu terarahkan ke jalan yang lurus. Seolah penuh dengan bintang-bintang setiap kali menyusuri tapak demi setapak.
Pemimpin yang terbaik harus mampu mensinergikan antara kognitif dan kemampuan, akhlak mulia maupun spiritual. Begitupun dalam sebuah lembaga pendidikan. Madrasah contohnya, tentu membutuhkan sosok seorang Kepala Madrasah yang memiliki kriteria tersebut. Apalagi  madrasah merupakan tonggaknya pencetus generasi bangsa. Mencetak anak didik yang shalih shalihah  menjadi salah satu  tanggungjawabnya. Sebagai sarana berliterasi sekolah menjadi ruang bagi penerus negeri untuk mencerdaskan dan menimba ilmu. Kecerdasan bukan hanya dari segi intelektual tetapi juga moral.
Oleh karena itu,  sangat perlu memiliki sosok Kepala Madrasah yang tepat. Agar birokrasi menjadi bersih tanpa pungutan liar. Agar anak didik terbentuk sebagai orang yang nasionalisme, agamis dan bermoral, maupun potensial. Semua perlu dimulai dengan seorang panutan yang lurus di jalan yang diridhai Allah Subhanahu wa ta’ala .
Nah, berbicara sosok Kepala Madrasah yang baik salah satu tokohnya telah dicontohkan oleh Sri Saktiani. Ia menjabat di MI Modern SAKTI, memimpin dengan dasar karena Allah. Memberikan nilai-nilai akhlakulkarimah kepada para Sahabat Guru maupun Santrinya. Memimpin dengan kedekatan persuasif. Melakukan pendampingan dan suritauladan dengan penuh dedikasi. Semua tindakan harus disertakan pada ajaran Rasulullah. Inilah pula yang membuat lembaga yang dipimpinnya semakin maju dan banyak disenangi masyarakat. Keramahan Sakti terhadap anak-anak pun menjadikannya banyak disapa oleh para anak kecil di sekitar.
Sakti juga memberikan contoh ketika memerintah Siswa maupun Pegawainya. Contoh saja, saat Ia mengajarkan adab kesopanan tentang tidak boleh menyuarakan montor saat masuk halaman sekolah. Sakti pun tidak segan-segan ikut mendorong montornya masuk ke dalam gerbang sekolah. Prinsip nya semua intruksi diikutinya dengan sebuah tauladan.

Secara kemampuan, Sri Saktiani juga sosok seorang Kepala Madrasah yang kreatif. Dibuktikannya progam-progam yang Ia cetuskan sangat beraneka ragam seperti literasi, cooking class, kampung dolanan, outbound, manasik haji, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, sosoknya sangat menggandrungi budaya literasi. Ia mengikuti gerakan menulis dan bahkan menjadi seorang Penulis. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini