Kemah Sebagai Cara Meningkatkan Keberanian Siswa Secara Efektif
Oleh:
Kerjasama Crew “Bisnis EKA BKJ” dengan “MI Modern SAKTI Tulungagung”


Cara Meningkatkan Keberanian Perkembagan era modern semakin hari semakin pesat dalam segala aspek. Salah satunya dalam pendidikan formal maupun non-formal. Sebagai tenaga pendidik harus berfikir kreatif, inovasi, dan cerdas dalam memberikan maupun menerima pengarahan. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak termakan oleh zaman yang setiap detik terus berkembang. Lembaga yang tidak mampu menghadapi dinamika kehidupan, suatu saat akan tergerus waktu.
Mencetuskan seorang generasi baru yang siap akan segala tantangan tentu tidak cukup dengan metode pemberian materi. Melakukan sebuah tindakan yang menantang perlu diterapkan. Tantangan akan menjadikan seseorang berusaha untuk keluar dari masalah. Hal itu membuatnya mampu menemukan sebuah metode pemecahan problematika. Bukah hanya itu, tantangan yang diberikan pada kanak-kanak nampu mengarahkan dirinya memiliki mental baja. Agar tidak menjadi generasi penerus yang rapuh. Terpoleslah sebagai seorang yang tangguh.
Sebaliknya bila anak tidak diberikan cakrawala mengenai tantangan, saat dewasa ia tidak akan mampu memiliki pengalaman mengatasi sebuah jalan yang terjal. Apalagi anak yang terus hidup dengan kungkungan posisi nyaman, dia akan terbentuk menjadi orang mudah terjatuh. Pasalnya, saat kemudian hari mengalami kesulitan hidup dirinya belum memiliki cara mengatasi masalah. Oleh sebab itu, penanaman nilai-nilai yang menumbuhkan sikap keberaniaan pada anak penting diterapkan sejak usia dini.
Inilah salah satu ide cerdas yang dapat diterapkan oleh siapa saja, cara meningkatkan keberanian dan sekaligus dapat melatih kebugaran jasmani. Seperti halnya telah dilakukan dalam kegiatan MI Modern SAKTI Tulungagung, Latih Keberanian Siswa dengan Berkemah.
Acara digelar bertujuan agar siswa lebih peka dan terampil berada di alam. Anak-anak dilatih untuk mandiri. Keberaniaan ditumbuhkan melalui sikap mandiri yang perlu diterapkan. Tinggal beberapa hari jauh dengan orang tua baik dalam kondisi terang maupun gelap, mendidik anak lebih memiliki mental yang tangguh. Melakukan api unggun dan serangkaian acara lain dalam prosesi kegiatan kemah bermanfaat tumbuhkan keberanian anak menjalani hidup. Nilai ini ditanamkan sejak kecil agar tumbuh menjadi anak yang pantang menyerah dan siap sigap dalam kondisi apapun.
Kemah memang menjadi sesuatu acara yang menantang karena seringkali diadakan di tempat yang jauh dari pemukiman. Menerapkan hidup sederhana dengan makanan seadanya berbekal dari rumah. Tempat tinggal dan penyalaannya pun dikemas secara klasik. Tentu menjadi sesuatu yang mengerikan bagi yang baru mengalami. Namun bagi yang sudah terbiasa melakukan, dirinya merasakan nilai kekeluargaan yang terjalin. Plusnya, dia tumbuh menjadi seorang yang pemberani dengan berbagai kondisi. Nah, lembaga sekolah ini patut dijadikan rekomendasi karena memiliki cara meningkatkan keberanian dengan kegiatan berkemah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini